AGRO EKOWISATA MULYAHARJA, CAMAT: TEROBOSAN INI SEBAGAI PENGEMBANGAN PEMBERDAYAAN EKONOMI KERAKYATAN KELUARGA

BERITA1BOGOR.id – Konsep wisata alam di Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor terus dimatangkan. Aparatur wilayah, baik Camat, Lurah, LPM, Karang Taruna, pengurus RT, RW dan juga tokoh masyarakat setempat terlihat guyub dan antusias membahas segala persiapannya guna mewujudkan tempat wisata alam yang rencananya akan dijadikan Agro Ekowisata Mulyaharja.

Menurut Camat Bogor Selatan, Hidayatulloh, adanya keinginan untuk mewujudkan Agro Ekowisata Mulyaharja di wilayah tersebut tak luput peran serta warga yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik dan guyub.

Sehingga, kata Camat, pihak Pemerintah Kota Bogor mencoba mendorong dan memberikan motivasi kepada warganya untuk mengangkat potensi wilayah yang nantinya bisa di explore dan disuguhkan kepada para wisatawan.

“Terobosan ini sebagai pengembangan pemberdayaan ekonomi kerakyatan keluarga. Jadi, selain semuanya berdaya, tempat wisata alam ini juga nantinya akan menjadi peluang baru untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Bogor kedepannya,” ucap Camat disela kegiatan rapat lanjutannya yang digelar di Saung Kelompok Wanita Tani (KWT) Ciharashas pada Senin (20 Juli 2020).

Agro Ekowisata Mulyaharja yang nantinya dijual kepada wisatawan, tutur Camat, bukan saja menyuguhkan panorama keindahan alam, tapi juga ilmu pengetahuan pengembangan agro (eduwisata) bagi mereka yang ingin belajar ilmu pertanian.

“Jadi tamu yang sedang menginap di hotel yang ada di wilayah Kecamatan Bogor Selatan kita suguhkan dengan wisata alam ini. Selain pemandangan yang asri, wisatawan juga bisa menikmati suguhan kuliner kasundaan seperti nasi liwet, rebusan jagung, ubi, singkong dan sebagainya. Belum lagi, mereka juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan juga terkait bagaimana caranya melakukan pengembangan agro dari pengembangan pertanian seperti misalnya proses pembudidayaan padi organik, pemahaman bagaimana cara menanam, cara mengolah lahan dan lain sebagainya itu ada semua disini,” katanya.

Sejauh ini, kata Camat yang memiliki hobi nembak itu, konsep Agro Ekowisata Mulyaharja persiapannya hampir matang. Saat ini, pihak-pihak yang ditunjuk sebagai koordinator Agro Ekowisata Mulyaharja tengah sibuk mempersiapkan paket wisatanya.

“Semua paket sedang disiapkan termasuk rute untuk hiking, lokasi arum jeram dan juga rumah tinggal (home stay) yang disulap untuk dijadikan tempat penginapan. Insya Allah dalam dua minggu kedepan semua berjalan sesuai dengan harapan demi menumbuhkan ekonomi kreatif warga sekaligus membangun kelestarian ekologi di tengah pandemi,” pungkas Camat.

(Erik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: